Asal Usul Aliran Musik Indie

Asal Usul Aliran Musik Indie

Indie merupakan band yang berarti berdiri sendiri, berjiwa bebas serta tidak tergantung pada siapapun. Secara historis, musik indie atau yang lebih dikenal indiepop, merupakan varian atau subkultur dari punk yang mengalami transformasi dalam segi lirik dan musik. Muncul sejak akhir 70-an lewat para musisi post-punk; kemudian mengalami pembentukannya di pertengahan era 80, hingga mereka pada akhir 80-an dan awal 90-an.

Asal Usul Aliran Musik Indie

Untuk mengenal sejarah terbentuknya sejarah asal usul aliran musik Indie, maka anda sudah berada pada aartikel yang tepat. Bersama obrasocialcaixanova.com kita akan membahas secara lengkap seputar genre musik Indie. Yuk simak penjelasannya dibawah ini !

Sejarah Asal Usul Aliran Musik Indie

Untuk masa sekarang ini musik Indie mulai banyak penggemarnya. Sebenarnya sejak era 90an aliran Indie sudah ada, namun memang kurang diminati. Apa lagi di Indonesia, masyarakat lokal kurang menyukai karena dinilai tidak mudah didengarkan (easy listening).

Musik Indie berasal pertama kali di Amerika sekitar 1920-an, awal dari berkembangnya musik dunia. Sehingga berbagai macam label rekaman kecil mulai terbentuk dan berkembang menjadi banyak bagian hingga sekarang.

Dalam sejarah musik indie terdapat sebuah generasi di pertengahan 60-an sampai 70-an yang dinamakan Flower Generation yang menjadikan semangat DIY sebagai semboyan mereka. Dalam historis nya musik indie lebih terkenal dengan sebutan indiepop.

Asal Usul Aliran Musik Indie

Pada 70-an muncul dengan para musisi post-punk, kemudian pertengahan era 80 mengalami pembentukan revolusi musikal yang beragam. Sekarang ini banyak penyanyi atau band yang memulai karirnya dengan menyanyikan / menciptakan lagu indie sebelum bergabung dengan label rekaman besar.

Ada banyak sekali eks band indie yang sukses dan terkenal hingga sekarang ini yaitu seperti Muse, Coldplay, Keane atau The Killers. Di Indonesia sendiri perkembangan musik indie Pas band memulai tradisi merilis lagu pertamanya “Four Through The SAP” yang terjual laris.

Band ternama lainnya di Indonesia adalah Puppen, Shaggy Dog, Superman Is Dead, Rocket Rockers, Superglad dan lain-lain. Sejarah musik indie terbesar di Indonesia dengan penghasilan spektakuler yang membuat rekor pertama adalah Slank. Grup band ini berhasil mengantungi 400.000 orang yang bergabung dalam komunitas Slankers.